2 Books In 1 • The Secrets Of Optavia Diet • Lean And Green: The Ultimate Guide + The

2 Books In 1 • The Secrets Of Optavia Diet • Lean And Green: The Ultimate Guide + The

Geografi Erupsi dan longsor di Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda, pada tanggal 22 Desember 2018 yang lalu telah memicu terjadinya tsunami di perairan Banten dan Lampung. Prinsip geografi yang terkait dengan gejala tersebut adalah

a.Korolog
b.deskripsi
c.interelasi
d.distribusi
e.keruangan

Erupsi dan longsor di Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda, pada tanggal 22 Desember 2018 yang lalu telah memicu terjadinya tsunami di perairan Banten dan Lampung. Prinsip geografi yang terkait dengan gejala tersebut adalah

a.Korolog
b.deskripsi
c.interelasi
d.distribusi
e.keruangan

Prinsip geografi yang berkaitan dengan gejala tersebut adalah C. Prinsip Interelasi

Penjelasan:

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bumi, penduduk, flora, fauna, dan segala yang berinteraksi dengannya.

Dalam geografi terdapat prinsip prinsip geografi yang dikenal dengan empat prinsip utama yaitu; prinsip persebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi.

1. Prinsip persebaran atau distribusi adalah prinsip geografi yang mengemukakan persebaran gejala gejala geosfer yang ada di pemukaan bumi, yang mana persebarannya berbada antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya. Contohnya seperti persebaran flora fauna di Indonesia.

2. Prinsip Interelasi atau keterkaitan adalah prinsip geografi yang menelaah bahwa terdapat keterkaitan antara gejala geografi yang satu dengan gejala lainnya yang ada di permukaan bumi. Contohnya seperti kekeringan yang terjadi akibat adanya fenomena La Nina.

3. Prinsip Deskripsi atau penggambaran adalah prinsip geografi yang memberikan gambaran atau penjelasan lebih mendalam tentang gejala geografi yang terjadi di muka bumi. Biasanya penggambaran atau penjelasannya dapat dilakukan menggunakan tulisan, tabel, grafik dan gambar. Contohnya seperti tabel angka pengangguran di provinsi Jawa Tengah.

4. Prinsip korologi atau gabungan adalah prinsip geografi yang menggabungkan 3 prinsip sebelumnya.

Pada soal dijelaskan bahwa erupsi dan longsor di Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda, pada tanggal 22 Desember 2018 yang lalu telah memicu terjadinya tsunami di perairan Banten dan Lampung. Ini berarti terdapat keterkaitan atau hubungan antara fenomena erupsi dan longsor di Gunung Anak Krakatau dengan fenomena Tsunami di Banten, hal ini sesuai dengan prinsip geografi interelasi karena terdapat hubungan antara gejala yang satu dengan gejala yang lainnya.

Bukan prinsip persebaran karena soal tidak mengemukakan persebaran gejala geosfer yang ada.

Bukan prinsip deskripsi karena soal tidak memberikan penjelasan mendalam tentang karakteristik gejala geografi.

Bukan prinsip korologi karena soal tidak memberikan penjelasan tentang prinsip deskripsi dan persebaran.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang prinsip geografi pada https://brainly.co.id/tugas/33167342

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]