2 Books In 1 • The Secrets Of Optavia Diet • Lean And Green: The Ultimate Guide + The

2 Books In 1 • The Secrets Of Optavia Diet • Lean And Green: The Ultimate Guide + The

IPS Tolong dijawab please :)

Tolong dijawab please :)

Jawaban:

Jawaban ada di Penjelasan ya kak

Penjelasan:

Dikutip dari buku Mengenal Pahlawan Indonesia, Arya Ajisaka, dan Anna Maria Fitrawati (2008: 91) Soekarno adalah bapak bangsa yang sering disebut dengan putra Sang Fajar. Soekarno adalah anak dari Raden Sukemi Sosrodiharjo dan Ida Nyoman Rai. Soekarno memperoleh gelar insinyur dari TechnischeHogeSchoool (THS) Bandung yang sekarang berubah menjadi Institut Teknologi Bandung atau ITB. Sejak muda Soekarno sudah sering bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti Haji Oemar Said (H.O.S) Cokroaminoto, Agus Salim, Ki Hajar Dewantara, dan Ahmad Hasan.

Kiprah Soekarno pun berlanjut ke bidang politik. Kemudian, sang proklamator merumuskan ajaran Marhaenisme serta mendirikan sebuah partai yang bernama PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927. Tujuan diberdirikannya partai ini adalah untuk menuju Indonesia merdeka.

Kompeni yang tidak senang dengan pergerakan Soekarno mengambil tindakan agar pemerintahan Hindia-Belanda saat itu masih bisa berdiri kokoh di tanah jajahannya. Akibatnya Belanda menjebloskan Soekarno ke penjara Sukamiskin yang berada di di Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan mendekam di jeruji besi, ia pun baru disidangkan. Dalam pidato pembelaannya yang berjudul “Indonesia Menggugat”, beliau menggambarkan kondisi politik internasional dan keadaan rakyat Indonesia di bawah belenggu kolonialisme.

Pembelaannya itu membuat Belanda semakin marah sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, beliau bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan diasingkan ke Ende, Flores, pada tahun 1933. Empat tahun kemudian ia dipindahkan ke Bengkulu.

Sampai pada akhirnya Soekarno dan pahlawan lainnya berhasil memerdekakan Indoneisia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno berperan sebagai perumus naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dan juga pembaca teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

[answer.2.content]